Kamis, 10 Januari 2013

Tugas KKPI Blogger

Nama : Elma Yuana Friez-qy Faradilla
Kelas : XII Animasi
No. absensi : 10

Alasan saya mengambil jurusan Animasi :
      Karena saya menyukai film anime sedari kecil. Saya juga hobby membaca komik. Selama saya masih SD, saya mulai belajar menggambar tokoh-tokoh komik yang saya sukai. Saat SMP, hobby saya menggambar ini masih saya jalankan. Kemudian, saat saya duduk di kelas VIII SMP di SMP N 2 Surakarta, saya mendengar kabar bahwa di SMK N 9 Surakarta memiliki jurusan Animasi yang hanya dimiliki di satu tempat itu di Kota Surakarta. Banyak informasi yang saya dapat mengenai jurusan ini. "Bisa buat kartun lho, kayak yang di TV-TV" kata saudara saya yang juga bersekolah di SMK N 9 Surakarta. Mulailah saya tertarik dengan jurusan Animasi. Saya juga sudah sempat berkunjung ke SMK N 9 Surakarta saat kelas VIII SMP, dan kelas IX SMP sesudah UAN di laksanakan. Setelah itu, saya memutuskan untuk mengambil jurusan Animasi di SMK N 9 Surakarta.

Artikel mengenai jurusan Animasi :
       Dalam membuat film Animasi, kita dapat membuatnya melalui dua cara, yaitu Animasi Dua Dimensi dan Animasi Tiga Dimensi.
  • Animasi Dua Dimensi  => dalam film ini pembuatannya diawali dengan manual. dari mulai membuat script cerita, desaign character, breakdown character, properties, storyboard, background, sampai gambar gerak kita lakukan dengan cara manual (menggambar dengan tangan kita sendiri). setelah hasil gambar gerak selesai, di mulailah kita menggunakan pewarnaan untuk film Animasi kita ini melalui komputer. gambar gerak yang sudah kita buat, kita masukkan ke dalam komputer melalui scanner yang sudah tersedia di masing-masing komputer (di lab Animasi tentunya). dari mulai pewarnaan melalui Adobe Photoshop dan penggabungan gerak gambar melalui Macromedia Flash 8, kita lakukan di komputer. setelah itu, kita isi sound FX dalam film animasi kita melaluiAdobe Premiere. jangan lupa juga kita buat cover CD dan disc-nya lewat Corel Draw atau Photoshop. hasilnyapun bisa kita nikmati dalam CD setelah kita berning dalam CD melalui Nero. :)
  • Animasi Tiga Dimensi  => dalam film ini, semua penggerakan kita mulai lewat komputer dengan aplikasi 3Ds Max. dalam film ini, lebih sulit lho pengerjaannya. karena ketelitian kita juga di perlukan sekali agar nanti hasil Animasi yang kita inginkan ini memuaskan. efek-efek kamera juga lebih mudah dilakukan dalam film Animasi Tiga Dimensi ini. :)
 selain membuat film Animasi,kita juga akan diajarkan cara untuk membuat game dengan aplikasi Macromedia Flash :) selain diajarkan game berhitung, company background juga kita dapat dalam jurusan Animasi ini :)

Sekian dan Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar